Pekerjaan Bangunan Sipil Basah

Bendungan Wonorejo Tulungagung

     Seperti telah dijelaskan di artikel sebelumya, mengenai pekerjaan bangunan sipil, yang termasuk ke dalam pekerjaan jenis ini adalah; Pekerjaan bendungan, saluran irigasi, pelabuhan, Jembatan, dan lain sebagainya. Jenis pekerjaan yang termasuk pada sipil basah, yaitu pekerjaan pada bagian bawah permukaan tanah, yang berhubungan langsung dengan tanah dan air.
    Sebagai contoh untuk bangunan rumah tinggal yang tentu ada bangunan (konstruksi) pondasi, baik itu jenis pondasi dangkal dan pondasi dalam, termasuk dalam pekerjaan bangunan sipil basah. Namun dalam prakteknya bisa saja bangunan pondasi dangkal menjadi bagian sipil kering, disamping perhitungan gaya-gayanya sederhana, pekerjaannya juga sederhana. Lain halnya dengan pondasi dalam, seperti pondasi tiang pancang, pondasi sumuran, pondasi tiang straus, dan sebagainya yang termasuk pondasi dalam, menjadi bagian pekerjaan bangunan sipil basah.

Pekerjaan Pondasi Bagain Pekerjaan Bangunan Sipil Basah

    Bila kita lihat gambar potongan bangunan rumah tinggal di atas, bagian pekerjaan bangunan sipil basah, dapat terlihat sesuai dengan keterangan yang diberi tanda, yaitu; bagian galian dan urugan pondasi, pembuatan pondasi, lapisan batu kosong atau aanstamping, dan lantai kerja pondasi.
Beberapa bagian perencanaan, pelaksanaan dan perbaikan yang termasuk pekerjaan bangunan sipil basah, antara lain adalah;
1)    Pekerjaan pondasi; Terutama jenis pondasi dalam
2)    Pekerjaan Jalan dan jembatan
3)    Pekerjaan Hidrologi; Bendungan, Waduk dan Irigasi
4)    Pelabuhan
5)    dan lain sebagainya (berhubungan dengan tanah dan air)

Sumber:
- Siagian, Robert. 2014. Konstruksi Bangunan Jilid 1 untuk SMK Kelas XI. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional 
- Google Images

Posting Komentar

0 Komentar