Teknologi Baru, Genteng Surya

Salam sipil untuk kita semua kawan - kawan. Pada artikel ini kita mau bahas suatu teknologi baru yang bisa digunakan pada pekerjaan sipil yaitu khususnya adalah pekerjaan atap.

Apakah ada dari kawan - kawan sekalian yang pernah mengetahui atau mungkin pernah mengerjakan jenis pekerjaan seperti ini ? jika ada, boleh kita berbagi ilmunya di blog ini dengan berkomentar di bagian bawah kolom komentar. 

Jika biasanya atap rumah menggunakan penutup atap genteng yang terbuat dari tanah liat, maka kali ini kita mau bahas tentang sebuah teknologi yang baru sebagai alternatif pengganti atap genteng tanah liat biasa yaitu atap Genteng Surya.

Sumber : engineeringdiscoveries.com

Genteng Surya adalah sebuah penemuan baru yang dapat membantu dalam menghemat energi dan mengurangi tagihan listrik anda. Sistem kerjanya hampir sama dengan penggunaan solar panel yaitu mengkonversi tenaga surya menjadi energi listrik secara langsung atau sering dikenal sebagai Photovoltaic (PV).
Sumber : engineeringdiscoveries.com

Jika umumnya solar panel digunakan untuk menjadi sumber energi yang ramah lingkungan, mengurangi dampak lingkungan dan menjadi solusi dalam menghemat energi listrik maka sama halnya dengan Genteng Surya ini. Penggunaan genteng surya ini menjadi solusi ataupun alternatif untuk menggantikan genteng tanah liat biasa yang ada saat ini. Bahan yang digunakan pada pembuatan Genteng Surya ini sebenarnya sama saja dengan genteng biasa yang ada saat ini yaitu menggunakan tanah liat, hanya bedanya pada genteng surya ini ditanamkan sebuah panel surya kecil didalamnya. Fungsi panel surya kecil ini adalah menangkap sinar matahari sebagai sumber tenaganya.  

Bentuk dari Genteng surya ini juga mirip dengan genteng biasa dan ada juga bentuk genteng surya yang memiliki nilai estetika yaitu bentuk yang transparan. Genteng surya ini sangat tahan terhadap semua kondisi cuaca meskipun terbuat dari Plexiglas atau Polimetil Metakrilat (PMMA). Bahan ini bahkan jauh lebih baik karena memungkinkan matahari masuk melalui atap. 
Sumber : engineeringdiscoveries.com

Sekian sedikit informasi yang bisa saya bagikan, silahkan jika ada rekan - rekan yang lebih berpengalaman dalam hal ini dan pernah ketahui informasi tentang genteng surya namun belum saya tuangkan dalam artikel ini, maka mohon komentarnya untuk berbagi ilmunya yang bermanfaat, Terimakasih. 

Posting Komentar

0 Komentar