Gedung Yang Memiliki Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Kalau berbicara tentang jenis - jenis konstruksi yang luar biasa besar dan megah, baik dari segi estetika ataupun kerumitan pembangunannya maka selain Uni Emirat Arab tentu saja Cina juga adalah salah satu negara yang bisa dikategorikan sebagai negara yang bisa menjadi contoh bagi negara lain khususnya dalam perkembangan di dunia konstruksi sipil maupun arsitektur.

Salah satu konstruksi yang luar biasa besar dan megah ini adalah sebuah bangunan di provinsi Guizhou di barat daya negeri tirai bambu ini yaitu bangunan bernama Liebian International Plaza. Gedung pencakar langit ini dibangun oleh sebuah perusahaan konstruksi di Cina yaitu Guizhou Ludiya Property Management. Gedung ini memiliki ketinggian 121 meter namun bukan itu yang menarik karena sebenarnya masih banyak gedung yang lebih tinggi dari gedung ini tetapi gedung ini memiliki Air Terjun Tertinggi di dunia dengan ketinggian 108 meter. Apa ? Gedung memiliki Air Terjun ? gimana sih ?  Jika biasanya gedung memiliki kolam renang di bagian atasnya maka gedung Liebian International Plaza ini membuat sesuatu yang tidak biasa yaitu air terjun di gedungnya.

Gedung Air Terjun
Sumber : Google.com
Jika ingin mengaktifkan air terjun ini, maka diperlukan waktu dua jam untuk persiapan dan dibutuhkan empat buah pompa air berdaya 185 kilowatt untuk menaikkan air dari basement bangunan hingga ke ketinggian 108 meter di atas gedung. Bahkan untuk satu jam pertunjukan air terjun ini perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1,7 Juta/Jam, hanya untuk membayar listriknya. Luar Biasa !!

Gedung Air Terjun
Sumber : Google.com
Nah karena desain dan tagihan listriknya yang tidak biasa ini maka timbulah pro dan kontra pada masyarakat di kota Guizhou maupun diseluruh dunia. Sebagian orang berpikir bahwa gedung ini bisa menjadi icon dan daya tarik pariwisata bagi kota Guizhou mengingat kota ini memiliki air terjun alami terbesar di Cina yang sudah terkenal di seluruh dunia yaitu Air Terjun  Huangguoshu. Namun tidak sedikit juga yang merasa bahwa pembangunan gedung ini merupakan suatu pemborosan bagi negara dan pihak investor. 
Gedung Air Terjun
Sumber : Google.com
Namun terlepas dari semua itu, tentunya kita sebagai Civil Engineer bisa mempelajari bagaimana luar biasanya bangunan ini dibuat yang tentunya membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang sangat baik, metode kerja yang baik, dan mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan dan sosial disekitar kita. 

Posting Komentar

0 Komentar