revolusi pendidikan karakter oleh timothy wibowo

MENGUPAS SEDIKIT DARI NOVEL SUCCES BEGINS WITH CHARACTER
REVOLUSI PENDIDIKAN KARAKTER
Oke guys? Pertama tama kita mulai dengan baca alhamdulillah karena masih di kasih kehidupan yang amat banyak sekali tentang karakter karakter dalam kehidupan ini. Dan saya akan membahas tentang pendidikan karakter menurut novel dari timothy wibowo yang pernah saya baca dari novel tersebut . siapa tau bermanfaat bagi kita semua karena ilmu tanpa di sebarkan itu akan basi/tidak bermanfaat.
Gambaran pendidikan berkarakter bisa di lihat pada syair lagu “dondong opo salak” lagu tersebut mempuyai nilai filosofi yang sangat tinggi dan bermakna. Buah kedongdong seperti yang kita ketahui buah ini dari luar sangat halus, tetapi dalamnya berduri, dan terkadang buahnya juga terasa asam . begitu dengan manusia , ada kalanya manusia terlihat halus di luarnya ,akan tetapi di dalamseperti duri buah kedondong tadi . buah salak kulitnya coklat legam dan tajam ,tetapi di dalamnya halus,bahkan sebenarnya dia adalah seorang dengan pribadi yang lembut .buah duku itu kulitnya halus,dalamnya juga halus ,dan rasanya pun juga manis .ini adlah gambaran terbaik dari karakter seseorang.
Selamat! Anda termasuk orang yang peduli dan mau bertindak dalam lingkup pendidikan karakter. Anda mau belajar dan menanamkan satu wawasan penting dalam kehidupan anda bisa berdampak keluar dari diri anda.
Karakter adalah kebutuhan kita sekarang.berbicara tentang karakter maka kita berbicara tentang perubahan , dan perubahan adalah hal pasti yang terjadi di dalam hidup ini. Nah di dalam pembahasan ini sedikit penjelasan tentang pendidikan karakter didalam novel succes begins with character.
pendidikan karakter bukanlah sesuatu yang bias, melainkan sama dengan pendidikan apapun . menjadi bias dan membingungkan itu karena kita belum memahami sepenuhnya”

KUNCI PEMBUKA PERUBAHAN KARAKTER
“POSITIVE PERSONALITY PROFILES”
Mengenali orang orang yang ada di sekitar kita adalah salah satu hal penting. Seringkali terjadi konflik kecil, hanya karena salah satu hal yang sebenarnya tidak perluh di masalahkan. Hal ini terjadi karena ketidakpahaman seseorang untuk mengenali dan memahami satu rahasia ini,apa itu?kepribadian manusia.
Kepribadian adalah dasar dari pembentukan karakter seseorang .di sini , saya akan menggunakan tipologi kepribadian yang umum di pakai oleh terapis keluarga ,manajer ataupun para praktisi di bidang human resourcce department (HRD),dalam menganalisis kepribadian seseorang.
Tipologi ini membagi kepribadian manusia menjadi 4 tipologi dasar yaitu koleris,melankolis,sanguin,dan plegmatis atau istilah lainnya dominance, influence ,steadiness,dan conscientiousness atau di singkat DISC.
KOLERIS
Mewakili kepribadian yang tegas dan kemudian cenderung memimpin. Manusia yang tergolong dalam tipe ini adalah orang orang yang di lahirkan untuk menjadi pemimpin . ciri cirinya antara lain to the point, ingin sesuatu segala sesuatunya cepat dan dilakukan pada saat itu juga, tiak bertele tele, tetapi pada titik ekstremnya dia bisa menjadi terlalu dominan , terlalu mengaur ,terlalu mengontrol sehingga orang lain tidak tahan. Seorang koleris selalu ingin dilakukan dengan sangat cepat sehingga bisa jadi dia akan lupa beberapa detail yang harus di lakukan .itulah kepribadian koleris yang sejati.
SANGUIN
Mewakili tipe kepribadian yang cerah,ceria,heboh, dan gemar memakai pakaian berwarna cerahdengan berbagai aksesoris.pendek kata, sangguin adalah orang yang senang menjadi pusat perhatian.jika anda datang ke pesta dan melihat orang di kelilingi orang lain , dia bercerita ,yang lain terhibur dan tertawa . si pencerita itulah tipe orang sanguin. Orang ang menjadi pusat perhatian , tidak risi meski dirinya berpakaian cerah warna warni dalam memakai aksesoris.dia justru menikmati semua itu karena dengan begitu dia bisa menarik perhatian orang lain. Orang sanguin akan bisa berjalan dengn gayanya yang khas yaitu ceria dan menoleh ke kanan ke kiri dan melempar senyum kepada orang orang yang ada di sekitarnya . orang sanguin adalah orang yang suka berkumpul dengan banyak teman,dan senang dengan aktivitas outdoor atau kebersamaan yang menyenangkan.
MELANKOLIS
Mewakili tipe kepribadian yang rapi, biasanya tulisan tangannya juga tertata rapi , lengkap ,dan detail(sangat suka dengan data dan fakta) oleh karena itu , catatan siswa atau mahsiswa yang masuk dalam tipe ini biasanya sering di pinjam oleh temen-temenya . gaya dandananya rapi,sangat mementingkan padu-padan baik dalam warna maupun gaya , bagian tampilannya adalah nomor satu. Semua hal selalu di pertimbangkan terlebih dulu oleh mereka. Jika memendam sesuatu bisa di pendam sngat lama , pun bila mengambek bisa sangat lama.seorang melankolis adalah ahli dalam perencanaan dan analisis.ciri-ciri yang sangat tampak adalah hidup yang sangat teratur , suka kerapian , secara akademis umumnya tergolong cerdas dan pandai . orang melankolis sangat suka mengontrol semuanya sendiri .
PLEGMATIS
Mewakili tipe kepribadian yang suka melakukan segala seuatu berdasarkan urutan yang telah di berikan , segala sesuatu serba proseduaral , tipe pengikut setia . seorang plegmatis bisa tahan duduk berjam-jam melakukan sesuatu yang sama dan berulang-ulang dari hari ke hari minggu ke minggu , bahkan bulan ke bulan. Sesuatu yang tidak mungkin mampu di lakukan oleh seorang yang koleris ataupun sangguin . seorang plegmatis umumnya sangat setia , bisa di percaya untuk memegang rahasia , sangat mudah di atur . orang plegmatis biasanya cenderung diam dan mengalah .
Demikian keempat tipologi kepribadian manusia . satu hal yang perlu kita pahami adalah , tidak ada satupun dari tipologi kepribadian ini yang sangat lebih baik dari pada lainnya .artinya, setiap dalam diri manusia pasti melekat unsur unsur dari tipe keempat tipologi kepribadian tersebut , mesti ada satu tipe yang menjadi dominannya . itulah yang membentuk kita , yang membedakan kita dari pribadi yang laiinya.
Itulah isi singkat dari novel “SUCCCES BEGINS WITH CHARACTER REVOLUSI PENDIDIKAN KARAKTER OLEH TIMOTHY WIBOWO” atau kunjungi founder pendidikankarakter.com
Terimah kasih buat anda semua yang mau dan berupaya merevolusi hidup anda serta berusaha untuk belajar . kiranya niat baik anda dalam belajar dapat membuahkan hasil dalam prilaku dan tindakan anda,serta di nikmati oleh lingkungan anda JADILAH TELADAN DALAM KARAKTER


Posting Komentar

0 Komentar