Dasar - Dasar Bangunan




Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya di bidang Properti alias Bangunan. Di era yang serba maju ini, tidak dapat kita pungkiri bahwa perkembangan di berbagai sektor terjadi begitu cepat, termasuk di bidang Properti. Karena ini termasuk sebagai kebutuhan dasar manusia yang masyarakat Jawa menyebutnya sebagai Sandang, Pangan dan PAPAN. Nah, papan atau rumah inilah yang saya kira menjadi kebutuhan penting. Karena memiliki berbagai fungsi yang diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya. Namun, betapa sulitnya mendapatkan kebutuhan PAPAN di zaman sekarang ini, karena jumlah penduduk yang semakin banyak serta biaya yang dibutuhkan ( untuk membeli tanah dan material bangunan ). Namun sektor ini, dapat menjadi bisnis yang menguntungkan bagi para developer dan para investor. Karena pada dasarnya properti akan selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.
Saya kira cukup untuk pengantar Anda dalam memahami Properti. Pasti Anda sudah tidak sabar untuk segera belajar mengenai Properti ini.

Kita mulai dengan pertanyaan APA SEBENARNYA BANGUNAN ITU?
Bangunan adalah sebuah benda hasil karya yang dibuat dengan tujuan dan fungsi tertentu, dibuat dari berbagai bahan sehingga membentuk bagian-bagian yang bermanfaat. Secara sederhana bangunan dibagi menjadi 2 jenis yaitu, Bangunan kering dan Bangunan basah (Hidro). Hal ini akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel selanjutnya.
Ilmu yang berhubungan dengan bangunan, seperti  Ilmu Bangunan Gedung, yaitu ilmu pengetahuan yang digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan dan perbaikan bangunan-bangunan gedung, dan ilmu lain yang langsung maupun tidak langsung mendukung untuk perencanaan, pelaksanaan dan perbaikan bangunan.

APA FUNGSI DARI BANGUNAN?
Fungsi suatu bangunan gedung dapat dikelompokkan menjadi fungsi perumahan, fungsi usaha/pasar, fungsi komersil, pabrik,  fungsi sosial budaya dan fungsi khusus.  Fungsi bangunan gedung merupakan acuan untuk persyaratan teknis bangunan gedung, baik ditinjau dari segi tata bangunan dan lingkungan maupun keandalannya.

APA SAJA MATERIAL YANG DIGUNAKAN DI DALAM MEMBANGUN?
Biasanya material atau bahan bangunan yang digunakan dalam bangunan terdiri dari:
a. Kayu : Pembuatan kusen, pintu, rangka atap dll


Kayu Glondong

b. Tanah : Pembuatan bata, genteng
Pembuatan Bata

c. Beton : Campuran dari pasir, kerikil, semen untuk pembuatan kolom, balok, ring balk dll
Pembuatan Beton

d. Besi : Penulangan pada beton bertulang
Tulangan Beton

e. Baja : Pembuatan kolom, balok, rangka atap
Rangka Atap

f.  Batu : fondasi, dinding.


Batu Belah

g. Alumunium : Pembuatan kusen
Profil Kusen

Untuk dapat merencanakan bangunan dengan baik, kita harus dapat mengenal sifat dari masing-masing bahan yang akan kita gunakan. Karena masing masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan.
Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai dasar – dasar suatu bangunan.
Sampai Jumpa di kesempatan berikutnya......
Wassalamualaikum Wr. Wb

Sumber:
- Siagian, Robert. 2014. Konstruksi Bangunan Jilid 1 untuk SMK Kelas XI. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional 
- Google Images

Posting Komentar

0 Komentar