Definisi hakikat organisasi dan leadership terlengkap



MOH.ZAHIR KHARIRI
SIPIL 1 C
201510340311125




A.      HAKIKAT ORGANISASI
Organisasi berasal dari kata organon yang dalam bahasa yunani yaitu berarti alat . Organisasi merupakan suatu kumpulan orang-orang yang melakukan suatu kegiatan yamg mempunyai tujuan bersama sesuai dengan perencanaan yang telah di terapkan oleh organisasi tersebut.
Pada dasarnya organisasi mengadung beberapa elemen penting yang memberi gambaran tentang  hakikat organisasi,yaitu :
1.       Bahwa organisasi merupakan suatu kerangka sosial,yaitu kerangka yang menunjukan hubungan antar individu dalam organisasi
2.       Bahwa dalam organisasi terdapat koordinasi yang di rancang untuk mengatur kegiatan kegiatan orang
3.       Bahwa organisasi terdapat pembagian kerja yang di atur dengan tingkat otoritas
4.       Seluruh kegiatan di tujukan untuk kegiatan pencapaian tujuan bersama
Dengan hal tersebut , memang organisasi memiliki arti sangat strategis dan peran yang dapat mengelola kehidupan manusia agar lebih mempunyai hakikat yang bermakna. Hakikat organisasi pada dasarnya berorientasi terhadap aspirasi dari pihak pihak yang memiliki kepentingan terhadap organisasi. Hakikat oraganisasi menjadi pondasi dasar dan asas dalam pengelolahan organisasi untuk mencapai tujuannya demi terciptanya sistem manajerial yang baik.
Organisasi tanpa manajemen akan menjadi kacau dan bahkan mungkin gulung tikar. Hal ini terbukti dengan jelas dalam situasi yang tidak normal seperti adanya bencana ketika organisasi sedang tidak teratur maka manjemen sangat dibutuhkan untuk membenahi organisasi agar menjadi lebih baik. Keberhasilan mencapai tujuan sebenarnya tergantung pada tujuan yang akan di capai dengan cara menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan tersebut meskipun setiap organisasi mempunyai kekurangan sumber daya tetapi organisasi memanfaatkan sumber daya tersebut.
Jadi organisasi membutuhkan manajemen terutama untuk dua hal yang terpenting yaitu:
1.       Percapaian tujuan secara efektif dan efisiensi
2.       Menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menemukan skala prioritas. Salah satu wujud dari organisasi adalah terlihat adanya struktur organisasi.
Struktur organisasi adalah pengaturan pekerjaan untuk di laksanakan dalam suatu bisnis. Struktur organisasi di maksudkan untuk membantu mewujudkan tujuan bisnis dengan cara mengatur pekerjaan yang harus di lakukan. Meskipun demikian tidak terdapat satu metode manajemen yang paling baik untuk mengatur suatu organisasi. Cara mengatur organisasi tergantung atau di sesuaikan dengan kondisi organisasi yang tentu masing-masing organisasi memiliki ciri suatu organisasi .




B.      LEADERSHIP
Pengertian leadership atau kepemimpinan menurut para ahli adalah kemampuan dalam mengatur dan mengelola sebuah organisasi yang mencakup kepentingan organisasi tersebut.
Dalam kepemimpinan tentu ada seorang pemimpin yang bertugas untuk menjalankan semua organisasi atau perusahan. Istilah leadership berkaitan dengan kecakapan,sikap,ketrampilan,dan pengaruh seseorang terhadap apa yang ia pimpin.
Dalam kata leadership terdapat kata leader yang berarti pemimpin . leadership mencakup kemampuan organisasi tertentu. Seperti kita ketahui ,dalam suatu organisasi tentu membutuhkan peran penting dari seorang pemimpin . dimana, pemimpin harus memiliki kualifikasi jiwa kepemimpinan yang mampu mempengaruhi orang lain dalam melakukan aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan tujuan terbentuknya sebuah organisasi tertentu. Seorang pemimpin harus tegas , dan juga bisa membawa dan mempengaruhi orang lain sehingga tercapailah tujuan yang di harapkan dimana tujuan tersebut untuk kepentingan bersama.
Adapun makna dari leadership sendiri untuk meliputi beberapa komponen , seperti loyalitas , di siplin, maupun edukasi. Untuk loyalitas sendiri, seorang pemimpin tentunya memiliki kemampuan untuk membangun loyalitas terhadap organisasi kepada semua rekan kerjanya. Seorang pemimpin juga tentunya bisa memberi loyalitas melalui kebaikan. Tak hanya itu , seorang pemipin juga harus memberi edukasi yang baik kepada rekan atau bawahannya. Pemimpin tentunya harus memiliki teladan dan juga mampu memberi contoh dalam hal berdisiplin sehingga bisa menegakkan kedisiplinan terhadapat kegiatan yang dilakukan oleh organisasi.

Posting Komentar

0 Komentar