Pekerjaan Bangunan Sipil Kering




     Sebagaimana ditulis di artikel sebelumnya, Pekerjaan Sipil terbagi atas Pekerjaan Sipil Kering dan Pekerjaan Sipil Basah. Lalu apa saja yang dilakukan dalam pekerjaan Sipil tersebut? Anda dapat menemukan jawabannya disini.
 
Pekerjaan Struktur sebuah bangunan rumah dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu:
1. Struktur bangunan bagian Atas, yaitu struktur bangunan yang berada diatas permukaan tanah, yang terdiri atas dua bagian, yaitu bagian atap dan rangka bangunan (dinding tembok, kolom, pintu & jendela, ringbalk, dll)
2. Struktur Bagian Bawah, yaitu struktur bangunan yang berada dibawah permukaan tanah yang dimaksud disini adalah sloof dan pondasi. Bangunan bawah merupakan konstruksi yang dibuat untuk menahan seluruh bangunan.

Kedua struktur tersebut dalam pelaksanaannya harus memenuhi persyaratan sbb:
a. Kualitas bangunan yang baik
b. Keberadaan dan dimensi struktur yang sesuai
c. Seluruh elemen struktur utama tersambung dengan baik
d. Mutu pengerjaan yang baik

    Pekerjaan bangunan sipil kering pada gedung atau rumah tinggal, baik perencanaan, maupun pelaksanaanya dapat kita identifikasi dari mulai bagian atas bangunan.Konsep Perencanaan merupakan suatu rangkaian proses kegiatan menyiapkan keputusan mengenai apa yang diharapkan terjadi yang merupakan persiapan yang harus memiliki data yang bernilai sehingga dapat diwujudkan. Dalam bangunan sipil kering, yang menyangkut dengan perencanaan, yaitu; 
1)  Perencanaan teknis; menyangkuta kekutan 
2)  Perencanaan ekonomis; menyangkut biaya 
3)  Perencanaan fungsional; menyangkut penggunaan 
4)  Perencanaan estetika; menyangkut seni dan keindahan 
5)  Perencanaan standar; menyangkut standar seperti SNI dan standar perhitungan yang
diakui secara internasional.

    Jadi dalam pekerjaan sipil kering ini, dari mulai perencanan sampai pelaksanan sehingga terwujudnya bangunan, dapat kita identifikasi pada bagian atas sampai lantai bangunan.  Sebagai panduan untuk pemahaman kita tentang pekerjaan bangunan sipil kering, perhatikan gambar bagian bangunan di bawah ini, sebagai contoh kita ambil bagian bangunan rumah tinggal.

Bagian Pekerjaan Sipil Kering

Pekerjaan perencanaan dan pelaksanaan bangunan sipil kering pada bangunan rumah, antara lain yaitu;
1)   Atap dan rangka atap
2)   Ring balok dan kolom
3)   Dinding
4)   Sloof
5)   Pintu, jendela dan kunci-kunci
6)   Plafon
7)   Lantai
8)   Finishing bagian atas

Pekerjaan perencanaan dan pelaksanaan bangunan sipil kering pada bangunan berdasarkan fungsi, antara lain yaitu;
1)  Seluruh pekerjaan bangunan yang bersifat kering, yang perencanaan dan pelaksanaan bangunan, tidak berhubungan langsung dengan tanah atau air. Perencanaan dan pelaksanaan bangunan sipil kering tidak memperhitungkan gaya dukung tanah, dan sifat mekanik air (hidrolika)
2)  Bangunan yang termasuk pada poin satu di atas, seperti; bangunan rumah tinggal, ruko, pabrik, kantor, lapangan olah raga, pasar, sekolah perkantoran, bandara, dan lain lain.
3)  Bangunan transportasi jalan; jalan aspal, jalan beton dan lain sebagainya.
Sumber:
- Siagian, Robert. 2014. Konstruksi Bangunan Jilid 1 untuk SMK Kelas XI. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional 
- Google Images

Posting Komentar

0 Komentar